2 Cara Menampilkan Widget di bagian Posting Blogspot

Let’s go straight to the point! Jika anda ingin menampilkan widget, iklan, link, ataupun script anda hanya di bagian bawah posting saja (menyembunyikan widget dari homepage) dan tidak ingin menampilkannya di bagian lain, termasuk halaman muka, you can follow these two tricks.

Ada dua cara yang bisa digunakan:

1. Jika blog anda berplatform blogger, anda dapat memanfaatkan fitur dalam setting. Login ke dashboard anda, dan::

Klik Setting

Klik Formatting/format

Scroll ke bawah hingga post template. Anda dapat memasukkan script, link aktif , atau sekedar tulisan saja ke dalam form di sebelahnya. Save settings. That’s it.

2. Anda dapat mengedit template html blog dan memasukkan tag b if cond, yang berfungsi sebagai perintah untuk menampilkan suatu hanya pada bagian tertentu. Cara ini saya dapat sebagai salah satu trik untuk menyembunyikan Google Adsense di blog yang lain dan ternyata bisa juga digunakan untuk script lain, misalnya widget-widget tambahan, baik dalam HTML murni maupun java. Masuk ke edit HTML, centang expand widget templates, dan masukkan kode berikut Tepat SEBELUM </body> (gunakan Ctrl+F untuk mencari):

<b:if cond=’data:blog.pageType == &quot;item&quot;’>

script widget/iklan/script lain anda disini

</b:if>

Gantiย  script widget/iklan/script lain anda disinidengan script atau link aktif anda dan save.

Analisis, kelebihan, dan kekurangan:

Cara 1: Cara ini mudah dan cenderung tidak beresiko. Cara ini sama saja dengan menyisipkan script ke dalam edit HTML anda di dalam posting (sebelah compose), sehingga script anda merupakan bagian posting. Dengan demikian, widget ataupun iklan anda akan muncul setelah anda membuat posting baru. Anda harus mengedit posting lama untuk menyisipkan script. Selain itu karena bersifat eksternal, load time yang dibutuhkan relatif lebih banyak. Cara ini pada akhirnya bersifat jauh lebihย  manual dari cara 2.

Cara 2: Memasukkan script secara manual ke dalam template HTML blog memang hal yang sering dihindari, apalagi setelah Blogger memiliki banyak fitur instan. Namun yakinlah hasilnya akan berbeda dan lebih baik. Cara ini berarti mengintegralkan script dengan template blog, sehingga secara otomatis akan muncul dalam semua bagian blog yang diberi perintah untuk dimunculkan. Dengan demikian, semua posting lama anda pun akan ‘terinfiltrasi’ secara otomatis. Load time yang dibutuhkan relatif lebih cepat (catatan: tergantung dari jenis file widget dan server dari widget tersebut).

selamat mencoba gan๐Ÿ˜€

(Sumber dari : buka-rahasia.blogspot.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: